Kamis, Juni 16, 2011

Be A Writer? Why Not?!

Dari dulu pengen banget bisa jadi penulis, tapi yang menjadi masalah ide yang mau ditulis itu nggak muncul-muncul (haduuuuh, penyakit menulis begini nih, ide mampet >_<...). Nah, kemarin setelah beres-beresin buku dan majalah (di pak2in he..), ketemulah sebuah agenda. Agenda ini hadiah bonus dari majalah Gadis. Pas liat-liat isi agenda, eh, ternyata ada tips buat menulis ^_^. Memang rada panjang sih, tapi tips-nya bagus buat kita intip ;). Yoosh! Let's write, and here the tips!

  1. Tulis ide kamu, di manapun dan kapanpun. Berarti kemanapun kamu pergi, pastikan ada sebuah buku catatan kecil (notebook) yang selalu siap sedia digunakan untuk mencatat inspirasi yang muncul tiba-tiba.
  2. Tentukan waktu menulis setiap hari. Nggak perlu lama-lama kok, 30 menit juga cukup :). Walaupun kamu lagi merasa buntu dan males banget, kamu tetap harus mematuhi jadwal ini. Lama-kelamaan kamu akan terlatih dan semakin lancar menulis.
  3. Belajar dari buku apapun yang kamu baca, bahkan buku yang kamu anggap tidak bagus, baca ulang buat mempelajarinya. Kamu ambil kelebihan buku itu untuk kamu terapkan. Sebaliknya, hindari hal-hal yang membuat buku kamu tidak bagus seperti buku yang kurang menarik itu.
  4. Jangan terpaku sama jenis bacaan kesukaan kamu. Saat menulis, biarkan inspirasi kamu mengalir tanpa terikat satu jenis tulisan tertentu. Dengan begitu gaya penulisan kamu yang sebenarnya akan terlihat dan kamu juga bisa menulis lebih bebas.
  5. Berhenti memikirkan tulisan kamu terus-menerus. Hal ini cuma akan bikin kamu nggak pernah puas dan terus-terusan mengkritik tulisan kamu sendiri. Tentukan juga waktu yang pas buat memikirkan dan membahas tulisan kamu. Dijamin deh, ide akan datang lebih lancar, dan kamu juga akan lebih sukses menulis.
  6. Jangan pamerkan tulisan kamu ke siapapun sebelum selesai. Menerima kritikan di tengah jalan bisa menyurutkan ide. Selesaikan dulu tulisan kamu, baru mulai memamerkannya ke orang lain dan siap menerima masukan.
  7. Ada saatnya kamu merasa ga mood menulis pada awalnya. Jangan manjakan feeling ini dan paksa diri kamu untuk memulai. Tapi kalau nggak punya self-discipline, kamu nggak akan pernah berhasil menjadi seorang penulis.
  8. Jangan memperbaiki tulisan sebelum kamu berhasil menulis dengan disiplin. Kalau kamu berhasil lancar menulis di jam yang kamu tentukan selama dua bulan, baru deh kamu mulai membaca ulang tulisan kamu, dan memperbaikinya. Tujuannya supaya kamu nggak berhenti di tengah jalan.
  9. Cari teman menulis. Mungkin teman di internet yang bisa kamu ajak tukar pikiran tentang tulisan kamu. Akan lebih baik lagi teman menulis ini adalah seseorang yang pendapatnya kamu hargai, dan dia sudah lebih dulu berhasil menulis. Pasti kamu akan lebih termotivasi.
Tips yang lumayan panjang ya :D..tapi nggak apa-apa friend, tetap semangat menulis! Selamat menulis dan siap eksis jadi penulis!
(Disadur dari Agenda Artsy 2010-2011 GADIS)

7 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, blogwalking, baca2 n salam kenal ^_^
    Saya follow Blognya, follow balik ya ke AndyOnline.Net
    jangan lupa buat yang suka corat-coret di Blog, yuk gabung di BLOOFERS (Blog Of Friendship)

    BalasHapus
  2. wah, kang andy selalu cepat memburu blogger2 baru. hehe ;p

    Tipsnya lumayan panjang. tapi oke juga tuh. kebetulan aku juga lagi 'niat' untuk disiplin nulis. hehe ;p

    Keep Blooging, tulisan kamu OKE ;)

    BalasHapus
  3. Semangaaaaaattt Mba! Ayo belajar menulis :D salam kenal sebelumnya~

    BalasHapus
  4. Waaah...Tips yg JEMPOLAN neh...Manteb BGT buat Ayas yg lg MACET Ide tuk Nulis!!!
    MAKASI INFOnya Mbak....
    SALAM KENAL SATU JIWA!!!
    (^^,)

    BalasHapus
  5. ABSEN...

    MAS Andy : Ada

    Monceng Emon : Ada

    Sefti : Ada

    Mas Bagio : Ada

    SAYA HADIRRRR JUGA^^

    *tina juga salah satu yg suka mampet kalo mau nulis (padahal emang buntu ide:-P) tapi tetap SEMANGATTT...

    BalasHapus
  6. Kakak kasih Melia...Tantangan baca yaaa...ada di posting Blog yang tgl 22 Juni 2011

    BalasHapus
  7. wah... ndra malah banyak Ide buat di tulis kak.. XD tapi benar kata tips nya...belum disiplin buat menuliskannya...
    Makasih kak tips nya....

    keep writing..

    BalasHapus